Saturday, March 24, 2012

"JAGAL" Brutal Death Metal asli Suroboyo rek !




JAGAL, salah satu band death metal berasal dari kota Surabaya ini merupakan salah satu band yang sangat "mengerikan" menurut saya hahaha. Karena penasaran dengan band ini saya mencoba untuk melakukan sebuah interview dengan Mas endro, salah satu pentolan Jagal yang sangat eksis ini.

Ini lah hasil interview saya bersama mas endro via email.




Tammy : hallo mas endro makasih banyak udah mau di interview saya. Gimana kabarnya sekarang ?

Endro : Alhamdulillah baik-baik dan  sehat wal afiat



Tammy : well pertanyaan classic yang pasti udah bosan untuk di dengar hehe, bisa ceritakan tentang sejarah dari jagal kapan bertemunya dan apakah sudah pernah berganti line-up ?
Endro :Sebenarnya saya [Endrow], Cholis dan Rosid pernah mendirikan JAGAL di tahun 1998 tapi gak berlangsung lama dan kami bergabung di Fear Inside, kemudian kami mendirikan lagi JAGAL di pertengahan tahun 2005 dimana saya [Endrow], Deddy Demon, Cholis & Rosid bersepakat mendirikannya setelah kami ber empat keluar dari Fear Inside.
Untuk formasi kita sudah beberapa kali bongkar pasang dan yang bertahan Endro Wibowo – [Guitars] & Deddy Demon [Drums] yg diperkuat oleh Dhidit Ratt [Bass] dan Fauzan Dzulfiqar [Vocals]

Tammy : menurut kamu style musik kalian ini apa ? mengapa bermain dengan genre tersebut ?
Endro : Kami memainkan musik Death Metal dengan racikan groove dan sedikit technical dalam balutan nuansa Brutal Death Metal. Kami suka memainkan musik ini karena bisa bebas berkreasi dan menyuarakan sisi negative tentang kesenjangan sosial dalam kehidupan tanpa aturan yang menekan kebebasan berkreasi.

Tammy : untuk lirik dari musik kalian ini sebagian besar menceritakan tentang apa ? kok bisa dapet inspirasi dari mana tuh ?
Endro : Selama ini kami mengangkat tema peperangan, religi dan kesenjangan sosial. Kebanyakan kita menulis dari apa yg terjadi dalam kehidupan ini, terutama ketimpangan hidup yang selalu membuat rakyat menderita.

Tammy : udah berapa album nih yang Jagal punya ? dan menurut kamu lagu atau album mana yang paling sukses di pasaran ?
Endro :sudah dua album dengan rilisan No Label Records dan album kedua yang kami rasa bisa membanggakan karena dengan album tersebut JAGAL mulai dikenal banyak pecinta metal pada umumnya dan death metal pada khususnya.

Tammy : band-band apa aja nih yang menjadi inspirasi musik Jagal ?
Endro : semua musisi yang punya karya bagus selalu jd inpirasi kami, kalau untuk influence kita tertuju pada Metallica, Megadeth, Pantera, Napalm Death, Suffocation, Dying Fetus dan Cannibal Corpse karena kami pernah memainkan lagu-lagu mereka jadi sedikit banyak part musik kami tidak lepas dari band-band tersebut.

Tammy : gimana perkembangan scene metal di Surabaya nih ? 
Endro : saya rasa cukup bagus dan berkembang pesat mulai dari player sampai para pecinta music metal.

Tammy : menurut mas endro gimana sih tentang para metal head yang sering membuat rusuh di suatu acara, padahal yang kita tau kalau bahwa bikin acara itu gak mudah dan itu juga mengganggu sekaligus merugikan bagi penonton yang lainnya jika sampai acara itu terhenti di tengah jalan karena ada kejadian seperti itu ? sekaligus beri pesan kepada teman-teman agar tidak terjadi kejadian seperti itu.
Endro : Mungkin mereka belum memahami apa itu metal karena yang saya tau metal itu bukan hanya sekedar musik cadas tapi juga gaya hidup dimana kita kaum minoritas yang selalu bergandengan untuk melawan kaum mayoritas. Jadi pesan saya yaitu mari kita saling bahu membahu, daripada bikin rusuh di event mending kita bikin rusuh di pemerintahan yang selalu menyisihkan kita.

Tammy : bisa kasih tau kami gak band-band metal Surabaya yang recommended banget buat di dengerin lagu-lagunya ?
Endro : silahkan di nikmati karya anak2 Surabaya selain JAGAL ada Wafat, Brain Damage, Climaxeth, Razorblades Terror, Descane, Last From Myth Fear, Fraud, Crucial Conflict, Stab In The Heart, Babel, GAS 178, Rose Of Sadness, Humanure, Blood of Messiah, Sexual Silence, Monster Phobia dan msh bnyk lagi yg gak bs saya sebutkan satu persatu band-band Surabaya yg punya karya yg apik.

Tammy : next untuk kedepannya Jagal pengen apa nih ?
Endro : Kita cuman ingin rampungkan album ke tiga kami yg masih dlm proses recording, senoga hasilnya memuaskan dan bisa dinikmati secepatnya.

Tammy : thanks untuk interview singkatnya , mungkin ada pesan-pesan untuk teman-teman semua ?
Endro : Keep on metal rule and stay brutal !!!!!!!!



You also can find this band ini here 

No comments:

Post a Comment