Sunday, April 01, 2012

Interview with Nosferatu !


Ini interview saya bersama Nosferatu, yang bisa saya bilang interview yang sangat menyenangkan karena semua personil menjawab pertanyaan saya :D. Interview via message Facebook.



Tammy : Hay Nosfe apa kabar nih ? thanks udah berkenan untuk interview dengan saya.



Eitaz : sama2 mbak tamy 


Bayu: Bayu: iya mbak,sama2

Obet: https://s-static.ak.facebook.com/images/blank.gif:*




Tammy : hahaha  well bisa di ceritakan pertama terbentuknya nosferatu dan siapa saja lineupnya, apa sudah pernah berganti lineup ?



Eitaz :  Nosferatu lahir 9 maret 2006 di gang kecil sedikit gelap di terban Jogja, waktu itu aku dan joey pengen bikin band black metal..

Akhirnya terbentuklah nosferatu dengan formasi awal: eitaz (vocal+gitar), joey (gitar), ryan (bass), ary (drum).. Seiring berjalan di era awal dulu kami sering di bantu tiyle (vocal) dan juan (keyboard/monriver) sbg additional player..

Setelah joey keluar karena faktor kesibukan kuliah dan kerja, dan diikuti personel yg lain (di kurun waktu yg tidak bersamaan). Hingga pada akhirnya, ada titik dimana aku cuma satu2nya personel yang bertahan. Tapi aku ngga nyerah dengan keadaan, tetep ngejaga mimpi yg aku sama joey dari awal. Dan terjadilah pinjam personel untuk penggarapan demo kami.. 

pergantian demi pergantian terjadi untuk cari karakter bermusik dan karakter personal yang pas. Hingga akhirnya di formasi trisula ini (eitaz - bayu - obet), kami merasa solid dan mempunyai visi yang sama. di formasi ini juga 90% materi album pertama dilahirkan. 


Tammy : kenapa memilih black metal sebagai musik kalian ?



Eitaz : black metal itu tampak sederhana tapi sebenarnya butuh pemahaman yang dalam. aku menganggapnya lebih ke "soul music" daripada teknikal music" walaupun kami tidak mengesampingkan skill. 



Tammy : apa nih influence terbesar kalian untuk bermusik dan menulis lirik ?



Eitaz : kalo influence terbesar lirik-ku datang dari potret nyata yang ada disekitar kita, tapi kita kemas beda dalam analogi metafora vampiris. 

Kalo influence saya suka dengerin cradle of filth, dimmu borgir, emperor, yngwie j malmsteen, helloween, bahkan sampe mozart dan vivaldi. 


Bayu: cradle of filth, dimmu borgir, emperor, Billy seehan, motorhead (lemmy killmister)

Obet: karena yg bikin lirik eitaz, jadi saya jawab influece aja. influence saya: messugah.. karena musiknya unik



Tammy : biasanya lirik kalian kebanyakan menceritakan tentang apa?



Eitaz : lirik kami kita berbicara filosofis sisi kiri manusia.. Sesuai dengan conceptual general black metal dan kenapa genre ini dikatakan sebagai BLACK METAL bukan WHITE METAL. 
Kami memandang semua hal dari sudut yang beda, dan kami menikmati itu.. Seperti alcohol, sex, hedonisme.. Adakah ajaran agama yang mengajarkan itu? engga kan?! Hey, tapi menikmatinya..
Kalo orang nganggep kami pendosa, satanis, imut, cute.. silahkan itu hak mereka. 
Seperti kata seorang teman: "saya bertanggung pada apa yang saya katakan, bukan pada apa yang mereka terjemahkan" 
Bagaimanapun juga tidak ada satupun di dunia ini yang diciptakan tanpa restu Tuhan. Jadi apa salah jika kami menikmati itu dan membuat kami merasa lebih dekat dengan Tuhan kami?? 



Tammy : musik black metal kan pada dasarnya berasal dari Negara-negara yang beriklim dingin seperti Skandinavia, norwegia,dll. Apakah menurut mu pemikiran dan lirik-liriknya cocok untuk di Negara Indonesia yang beriklim tropis ?



Eitaz: Emang sih awalnya black metal lahir dan besar di Inggris, norway, swedia dan finlandia.. Tp sbnrnya cocok2 aja di negara manapun, karena pakemnya cuma "sisi kiri manusia". Mau satanis, mau paganis, mau war metal, mau gore, atau minimal mau cerita tentang "gaya pacaran mesum kalian masing2" juga bisa masuk "left side" lho! iya ngga? Hahha.. Tergantung dari band yang ada di suatu negara mau mengangkat kecenderungan apa, atau bahkan memopulerkan tema tertentu asal tetep dalam pakemnya.



Bayu: sesuai saja sesuai temanya, apalagi budaya2 di daerah2 Indonesia sangat kental aura magisnya



Tammy : udah berapa kompilasi dah album yang kalian punya ? dan bagaimana perkembangannya ?



Eitaz : album baru satu, kompilasi sekitaran 6 kayaknya.. Puji Tuhan, perkembangannya baik, asik, dan lagi progress ke materi baru nihh



Tammy : Nosferatu itu dari Jogja dan kamu Eitaz  sendiri sekarang sedang tinggal di probolinggo, jadi sebaiknya saya menanyakan keduanya hehehe. Bagaimana perkembangan scene underground di Jogja dan probolinggo ? dan bisa kasih tau kami band-band cadas yang paling recommended untuk musiknya kami nikmati dari dua kota tersebut ? 



Eitaz : jogja asik, pure pluralisme.. Mereka berani mengeksplore musik dan berdiri dengan karyanya sendiri. Kemajuan tingkat pendidikan diikuti dengan karakteristik masyarakatnya yang cerdas. Jogja punya power disana, mau reggae, mau ska, mau punk, mau black metal, mau death metal, mau grind core, mau hardcore dsb.. Pasti hidup dan punya masa loyal disana, asal punya karya bagus dan berkarakter. Jadi bukan sekedar ikut arus.. 
Band jogja yang aku recomended: death vomit, fallenlight, cranial incisored, devoured, venomed, shaggy dog, something wrong, dom 65, excausated, exhumation, evilsteel, detritivor, depresi, infection, dissected, abominal the cadaver, genitalism, warhammer wiiih banyak kalo disebutin satu2..
Kalo probolinggo siih, sangat banyak potensi yang ada.. Tp menurutku belum ada (bukan berarti ngga ada) yang punya karakter kuat. Sebagian besar masih puas jadi trend follower dan live band performance.

bayu: perkembangan musik di jogja sangat kencang. Setiap genre berlomba lomba secara sehat untuk lebih memperkuat skill dalam bermusik. Band yg saya rekomendasikan untuk daerah jogja adalah deathvomit, venomed, cranial incisored, drosophila, devoured, exhumation, excausated, warhammer,deadly weapon...

obet: Deadly Weapon, Fallenlight 



Tammy : apa nih planning kedepan untuk Nosferatu ?



Eitaz : planning kita cuma satu dan selamanya satu.. Berkarya. Itu aja. Kita disini terkumpul sebagai musisi, jd ya tugasnya menciptakan karya musik.. 
Aneh aja kan kalo ada orang yang ngakunya musisi tapi ngga ada orientasi bikin lagu ato album. Misal kalo malah berorientasi bikin event (kenapa ngga jd event organizer aja :p), pengen punya banyak sodara ato pendukung (kenapa ngga masuk parpol aja :p), pengen masuk metal biar sangar (kenapa ngga jadi petinju aja :p), masuk metal biar tattooan dan ada alasan mabok ( -____-' ) ato parahnya alasannya biar dapet cewek (trus kalo udh dapet cewek, ga bikin lagu lagi gitu? Atau mau bikin lirik lagu cinta ala boi band gitu? :p)
jadi menurut sudut pandangku.. harus serius & fokus dalam hal ini, krn musik bukan hobby yang murah.. kalian intensif latian, ganti senar gitar, atau beli alat musik juga butuh duit kan? jadi ngga sebanding aja semua itu kalo kalian setengah2 ato jadi disorientasi



Tammy : oh ya selain bermain band apa kalian punya profesi lain di luar band ?



Eitaz : Di Djarum event organizer mbak, sama beberapa proyek clothing dan warung makanan 


Bayu: bekerja di percetakan sebagai operator.

Obet: ngajar instrument drummer di Ahmad Dhani School of Rock dan wiraswasta



Tammy : well makasih banyak sudah menyempatkan diri menjawab pertanyan-pertanyaan saya, apa ada pesan-pesan untuk para pembaca sekalian ?



Eitaz : jadilah penikmat / pelaku musik yang cerdas.. dan support selalu movement positif kyk LOST IN MOSPHIT ini. 

Bayu: tetap melakukan hal positif dan tetap serius bermusik
Obet: https://s-static.ak.facebook.com/images/blank.gif:*









For more info and booking


Booking : (+62) 878 397 89190 - dian



4 comments:

  1. Dari saya mengikuti Nosferatu sejak tahun 2009 lalu, Perkembangannya baik meskipun ada pasang surutnya.
    Suport!!!
    Hail Dark Clan!!
    :*

    ReplyDelete
  2. band ni kren!!! semuany brbobot

    ReplyDelete
  3. hails dark clan!

    ReplyDelete